Perilaku Positif Dukung Perkembangan Kepribadian Anak di Rumah

Perilaku Positif Dukung Perkembangan Kepribadian Anak di Rumah

RekomendasiTeman – Perilaku Positif Dukung Perkembangan Kepribadian Anak di Rumah | Lingkungan merupakan salah satu aspek yang membangun kecerdasan individu. Lingkungan yang positif, antusias, dan ceria dapat mendorong kecerdasan umum. Ada banyak aspek kecerdasan yang perlu dikembangkan, yaitu kecerdasan sosial-emosional, kognitif, bahasa, kinestetik-jasmani, artistik, dan kecerdasan spiritual. Masalah utama untuk sebagian besar aspek kecerdasan adalah lingkungan.

Dalam membangun kecerdasan seseorang, seseorang dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. Lingkungan yang baik dapat menghasilkan perilaku positif bagi anak. Setiap orang tua menginginkan anak yang berperilaku positif. Tapi seperti apa perilaku positif itu?

Baca Juga : Cara Beli Saham BRISyariah (BRIS) Secara Online

Perilaku positif mencakup berbagai tindakan, tanggapan, tindakan, dan reaksi seseorang. Timbulnya perilaku ini tergantung pada stimulus yang berasal dari dirinya dan lingkungan disekitarnya. Pengaruh kondisi lingkungan yang tidak selalu terjadi secara positif dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diharapkan (negatif).

Perilaku adalah sesuatu yang dapat kita amati. Ketika seorang anak melakukan sesuatu yang tidak biasa (negatif), anak dapat meniru suatu peristiwa yang mereka lihat atau dengar. Kemudian kita bisa mempelajari perilakunya, sehingga kita bisa melihat mengapa anak itu berperilaku seperti ini dan kita bisa memberikan solusi.

Membangun perilaku positif pada anak dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga, dimana anak setiap hari selalu memperhatikan kegiatan orang dewasa disekitarnya yang setelah diamati akan ditiru. Berikan anak kegiatan positif yaitu pelatihan keterampilan. Beberapa jenis pendidikan karakter yang dapat diterapkan di rumah adalah:

1. Ciptakan suasana edukatif yang menyenangkan agar anak senang. Cobalah untuk membuat belajar kata-kata untuk anak usia dini menyenangkan, dengan belajar pengenalan angka menggunakan lagu atau pengenalan angka sambil bermain puzzle.

2. Jangan lupa belajar disiplin. Sekalipun Anda di rumah, usahakan agar anak Anda tidak bertingkah sesukanya, seperti bermain sepanjang waktu. Ajari anak Anda untuk mengenali kapan dia bisa bermain, kapan waktunya bayi tidur, dan kapan waktunya makan.

Dengan pengenalan pola waktu yang telah diajarkan sejak dini, akan memudahkan orang tua dan anak untuk dapat membagi waktu mereka saat tumbuh dewasa.

3. Ilmu empati, saling menghargai dan bertukar perilaku dengan orang lain. Dengan mengajarkan empati kepada anak, aspek kecerdasan emosional anak dapat ditingkatkan.

4. Memperkenalkan pelajaran untuk membiasakan perilaku baik di rumah, seperti membantu orang tua, sesuai usia anak. Libatkan anak Anda dalam kegiatan sederhana di rumah, seperti menyapu. Ketika orang tua mencuci mobil, anak ikut serta bahkan saat bermain di air. Dan hal-hal sederhana lainnya, agar aspek kecerdasan motorik anak dapat berkembang.

5. Ilmu tentang perilaku dan ketertiban yang bersih, dan sehat. Membiasakan hidup bersih dan sehat sejak dini sudah cukup menjadi kunci bagi anak agar terhindar dari berbagai penyakit.

Mendidik anak sebenarnya seperti mendidik diri sendiri. Anak dilahirkan dengan fitrah yang baik. Orang tuanya mampu mengubahnya dengan membentuknya menjadi lebih baik atau lebih buruk. Anak-anak dapat merasakan, melihat, dan mendengar semua situasi, ucapan, dan perilaku orang dewasa di sekitar mereka.

Baca Juga : Cara Beli Saham BRISyariah

Hal inilah yang akan mendukung kepribadian anak di rumah. Jadilah orang tua dan sahabat bagi seseorang yang semakin hari semakin baik sehingga Anda dapat memiliki anak yang semakin baik dan memiliki kepribadian yang positif.

Sekian pembahasan mengenai Perilaku Positif Dukung Perkembangan Kepribadian Anak di Rumah. Semoga bermanfaat, terimakasih

Check Also

picture Seni

Adalah Seni.

Contents 1 Pengalaman Manusia.2 Maka, seni adalah menciptakan persepsi baru.3 Imajinasi adalah alat untuk mengubah …

Leave a Reply

Your email address will not be published.