8 Kata Ajaib Membentuk Kepribadian Positif Anak

8 Kata Ajaib Membentuk Kepribadian Positif Anak

RekomendasiTeman8 Kata Ajaib Membentuk Kepribadian Positif Anak | Setiap anak memiliki kepribadian unik yang akan mereka kembangkan sendiri. Kepribadian adalah kepribadian, sifat atau psikologi dan etika yang membedakan seseorang dengan orang lain.

Jika sebelumnya sudah dibahas, apa yang bisa dilakukan orang tua untuk membangun karakter positif pada anak, sekarang kita akan membahas 8 kata bijak yang harus diajarkan orang tua untuk membangun kepribadian positif pada anak.

Baca Juga : Cara Beli Saham BRISyariah (BRIS) Secara Online

#1. Tolong

Biasakan mengucapkan kata “tolong” setiap kali anak Anda meminta bantuan. Jika Anda terbiasa dengan kata ini, maka akan tumbuh karakter yang rendah hati, tidak sombong.

#2. Terima kasih

Biasakan mengucapkan “terima kasih” atas hal-hal positif, sebagai apresiasi terhadap orang lain yang telah membantu. Anak-anak yang tumbuh untuk menghormati orang lain menumbuhkan semangat kebesaran.

#3. Maaf

Ajari anak Anda untuk meminta “maaf” dengan mudah bahkan jika dia tidak melakukan kesalahan. Anak-anak yang terbiasa meminta maaf mengembangkan rasa kasih sayang dan empati.

#4. Oke

Ajari anak untuk biasanya mengatakan “oke”, “ya”, atau “siap”, sebagai tanggapan atas nasihat atau perintah orang tua. Terkadang ketika Anda meminta anak Anda untuk melakukan sesuatu, dia akan menggelengkan kepalanya atau tetap diam. Kata-kata tersebut akan membentuk karakter hormat dan kepedulian terhadap orang lain.

Baca Juga : 5 Prinsip Membentuk Karakter Positif Anak

#5. Izin

Biasakan meminta “izin” kepada anak dalam segala keadaan dan situasi, misalnya saat ingin menggunakan barang yang bukan miliknya. Kata ini merupakan kepribadian yang terorganisir.

#6. Bisa

Ajari anak untuk berpikir dan optimis. ‘Saya bisa!’ Ekspresi optimis yang membuat anak tumbuh dengan percaya diri. Seperti dikutip dari @dokterparentingofficial.

#7. Permisi

Ajarkan dan biasakan anak mengucap “permisi”, setiap bertemu dengan oranglain, masuk rumah atau masuk kamar orangtua. Ucapan ini akan membentuk jiwa penuh kedamaian pada orang-orang yang saling bertemu dan juga akan saling mendekatkan untuk saling mengenal ketika suatu saat nanti bertemu kembali.

Baca Juga : Cara Beli Saham BRISyariah

Kata-kata ini sebenarnya adalah kata-kata biasa, yang bila diajarkan kepada anak-anak akan membentuk karakter positif di dalamnya. Ayo ibu dan ayah, ajari dia sejak usia dini!

Sekian pembahasan tentang 8 Kata Ajaib Membentuk Kepribadian Positif Anak. Semoga bermanfaat. Terimakasih

Check Also

picture Seni

Adalah Seni.

Contents 1 Pengalaman Manusia.2 Maka, seni adalah menciptakan persepsi baru.3 Imajinasi adalah alat untuk mengubah …

Leave a Reply

Your email address will not be published.